RESUME PERTEMUAN KE 22

RESUME PERTEMUAN KE 22 PELATIHAN MENULIS PGRI


MENULIS DIKALA SAKIT 

PERTEMUAN KE                : 22
GELOMBANG                     : 26
HARI / TANGGAL               : RABU / 6 JULI 2022
NARASUMBER                   : SUHARTO, M.Pd.
MODERATOR                      : HELWIYAH 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala yang pada kesempatan malam hari ini kita dipertemukan dalam pertemuan menulis yang ke-22 tetap semangat Penulis  Literasi Nusantara atau PLN. Semoga pembelajaran ini membawa banyak manfaat.
Narasumber pada malam hari ini adalah Bapak Soeharto atau sering dikenal dengan Cing Ato  dan moderatornya adalah ibu helwiyah.

Acara dimulai dengan pembukaan,  yaitu dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

Tema yang diusung pada malam hari ini adalah Menulis Dikala Sakit yang akan disampaikan oleh Cing Ato atau Bapak Suharto S.Pd M.Pd.
Profil bapak Soeharto adalah beliau seorang guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jakarta,  mengajar mata pelajaran Fiqih,  di samping itu juga menjadi seorang blogger,  motivator, inspirator dan desainer cover buku.

Buku atau karya tulis solonya adalah 
1.  Mengejar Adzan 2015 
2. DBS Menyerangku 2020 
3. Menuju Pribadi Unggul 2020 
4. Kompilasi Kisah Inspirasi 2021
5. Pelajar Tak Bertepi 2021
6. Aisyah (Roman) 2021
7. Menepis Kesulitan Menulis 2021
8.  Gadis Pemikat (cerpen) 2022
9. Kado Spesial  Sang Bintang 2022
10. Lentera Ramadhan 2022
11. Kunci Kesuksesan Hidup 
12. Menulis Dikala Sakit (proses editing).

Cing Ato merupakan alumni gelombang 8,  pelatihan menulis dari Om Jay ini tetapi beliau tidak pernah lulus, dan tidak mengumpulkan resume tapi dijadikan sebagai narasumber, tentunya ada banyak daya tarik dari Cing Ato itu sendiri. 

Mari kita ikuti pemaparan beliau. Pemaparan materi kali ini dibagi menjadi 4 sub bab:
1. Awal Menulis 
2. Menulis Dikala Sakit 
3. Alat, waktu dan kondisi menulis 
4. Hasil dari menulis

1. Awal Menulis
 Ada dua hal yang melatarbelakangi:  pertama gerakan literasi dari Madrasah tempat mengajar 
kedua kebuntuan dalam menulis
 
Dari latar belakang tersebut kemudian Cing Ato melakukan,  pertama membaca buku dan menulis.  Yang kedua ikut pelatihan. 
 Cing Ato terus-menerus membeli buku tentang menulis dan mencari pelatihan-pelatihan di manapun berada. Setiap libur sekolah selalu ikut pelatihan.Tidak berhenti disitu saja Cing Ato pun ikut pelatihan menulis yang disponsori oleh KSGN.

Pada akhir tahun 2016, 3 hari 2 malam pelatihan di Wisma UNU Universitas Negeri Jakarta,  bertemulah dengan para pakar seperti Om Jay, Om Dedi dan yang lainnya.
Di akhir pelatihan menulis KSGN,  4 peserta terpilih sebagai penulis terbaik antara Bu Nur Aini beliau sekarang jadi narasumber tingkat nasional media guru , Cing Ato dipanggil ke depan untuk menerima hadiah. Dari sinilah melahirkan buku antologi perdana "Saya bukan guru biasa"

Di akhir 2017 Cing Ato ikut pelatihan menulis media guru di Cipanas Jawa Barat selama 3 hari 2 malam di  Angga Buana. Disinilah Cing Ato menulis buku Solo perdana dengan judul "Mengejar adzan"
Buku perdana diabadikan lewat lukisan kanvas dan gambar Cing Ato diletakkan di depan, Cing Ato sedang mengetik.


2. Menulis Dikala  Sakit

Gembira rasa hati atau bisa menulis tetapi tiba-tiba badai tornado meluluhlantakkan kebahagiaan Cing Ato.

Sejak tanggal 18 Juli 2018 dalam hitungan jam, tubuh ini tumbang tak berdaya, seluruh saraf yang ada mati semua, mulai dari ujung kaki sampai ujung rambut hanya tersisa saraf leher hidung telinga mata dan memori

Tempat malam jumat,  jam 12 malam, lidah Cing Ato tertarik.  Sejak saat itu suara saya hilang sampai 4,5 bulan.  Nafas pun tidak bisa, jika pada saat itu tidak berada di Rumah Sakit, mungkin sudah meninggal.

Bantu oksigen dan ventilator leher di bolong hingga kini masih tersisa sedikit

Empat setengah bulan berada di rumah sakit, satu setengah bulan di 2,1 bulan di HCU dan 1 bulan di ruang inap badan penuh dengan selang.

Teman, saudara, tetangga, jamaah dan murid-murid tak kuat melihat gurunya hanya tulang-belulang sertatulang berbalut kulit kisah ini bisa dibaca di GPS menyerangku.

Dokter sudah angkat tangan terpaksa pulang dengan kondisi sakit.

1,6 tahun tubuh ini tidak bergerak sama sekali,Cing Ato sampai stress menghampiri, sampai-sampai berkata kepada istri untuk mati saja.

Setelah 16 tahun badan ini mulai bergerak,  singkat cerita tangan sudah bisa menyentuh muka sementara Kaki masih terbujur kaku,

HP istri berdering, Cing Ato menyuruh untuk mengambilkan lalu diletakkan di atas dada beralas bantal lalu saya sentuh,  babak baru pun dimulai.

Saya minta diambilkan HP yang tak pernah saya lihat selama 1,6 tahun, nomornya sudah mati.

Kemudian beli nomor baru. Sejak saat itu Cing Ato lacak Facebook, cukup 3 hari baru ketemu password dalam hati berkata,  apa yang bisa saya lakukan dan bermanfaat untuk orang banyak, menulis itu yang bisa dilakukan. Akhirnya setiap hari saya menulis, menulis apa yang Cing Ato derita,  kemudian diposting di Facebook. Apa yang terjadi banyak para pembaca yang tertarik,  karena setiap artikel selalu diselipkan kalimat motivasi. Sampai teman Om Jay membaca artikel yang dibuat beliau bilang ini yang ditulis kisah orang lain atau dirinya sendiri. Om  Jay pun menghubungi Cing Ato lewat vicol, selanjutnya Om Jay menghadap saya untuk ikut pelatihan gelombang 8.

Alhamdulillah dengan pelatihan, tulisan saya semakin banyak nutrisinya karena langsung saya terapkan. Akhirnya jadilah Buku yang kedua Solo, ditulis ketika tubuh dalam kondisi berbaring saya terus menulis dan menerbitkan hingga mempunyai 10 buku Solo ber isbn, buku ke-11 sedang proses ISBN dan buku ke-12 sedang diedit.

Di samping menulis Cing Ato juga belajar desain cover buku dengan Pak Ajinatha 

Alhamdulillah sekarang menulis Layout dan cover buku dilakukan sendiri, teman yang ingin dibuatkan boleh, gratis katanya.

Apa yang dihasilkan setelah Menulis? 

1. Bisa mendesain cover buku 

2. Bisa melalui layout buku 

3. tebar 

4C 

5 channel Akbar Zainudin guru inspiratif

6. mendapatkan penghargaan 

7. mendapatkan uang 

8 mendapatkan teman 

9.booking pangkat n

10. Narasumber









Sesi pertanyaan

Pertanyaan 1

1. Apa faktor yang membuat Cing Atoa bangkit untuk pertama kali terutama dalam menulis?

2. Untuk menulis dikala sakit bukan hal yang mudah kendala apa yang sering kita temui menulis di kala sakit dan bagaimana Cing Ato mengatasinya?

3. Tentu ada pula yang  suka, ada tidak suka semua temui hal seperti itu saat sih menulis dikala sakit bagaimana Cing Ato merubah paradigma mereka bahwa sakit bukan penghalang untuk berkarya

4. Apa hal yang paling berkesan sampai saat ini dalam hal menulis saat sing dalam keadaan sakit

Jawaban 1

1. Kebetulan saya pernah menulis modul pembelajaran untuk tingkat SMA terbuka hasilnya katanya kering kurang nutrisi 

2. Karena saya seorang guru motivator di lingkungan Madrasah tempat saya mengajar. Saya melihat hampir seluruh motivator membuat buku sebagai sesuatu yang bisa dijadikan kebanggaan tersendiri

2.Untuk menulis Tidak ada kendala yang berarti karena saya menulisnya dengan gawe

3.  Sayang jelek sekitar 3 orang dari 1000 pembaca. Bagaimana cara menyikapinya? Cukup ucapkan terima kasih karena bagaimanapun dia telah membaca tulisan kita lihat saja ke dalam jangan keluar artinya Jangan berburuk sangka dahulu

4. Yang sangat terkesan dengan menulis, saya bisa melupakan penyakit dan istri saya senang karena kalau saya sudah menulis Cing Ato anteng

 Pertanyaan2 sita dari Malang gelombang 26

1.Yang menguatkan sing atau hingga bisa sembuh dan bisa kembali mengajar

2.  tuliskan sedangkan secara fisik sedang proses pemulihan

3 apa saja strategi yang sederhana untuk mengatasi kalah rasa jenuh dan hilang ide itu menghampiri

Jawaban 2

1.  pada diri Nikmati saja apa yang Tuhan beri Tuhan tidak akan membebani makhlukNya di atas kemampuannya 

2 afirmasi positif saya buat afirmasi Soeharto pasti XE siswi di madrasah atau sekolah 

3. yang saya bisa kuasai dan alami saya sudah menulis bentuk memori motivasi cerpen Roman puisi pantun insya Allah nanti baru yang ilmiah tiktok dan keluar sebentar jika terjadi kebuntuan saya baca buku lihat YouTube Tik Tok dan tulisan-tulisan orang lain 

Pertanyaan 3 arti dari Temanggung

1 apa yang bisa tetap membuat Tegar dan menjaga semangat untuk tetap menulis


2 Apakah Bapak mengedit naskah calon buku sendiri

3 Saya pengen membeli buku Bapak bolehkah

Jawaban 3

1 Saya ingin menjadi kebanggaan anak-anak saya murid-murid saya dan teman-teman saya agar ilmu yang saya miliki tidak hilang dan dipelajari oleh generasi berikutnya menulis adalah salah satu ladang pahala

Dua Sebelum saya serahkan ke Penerbit dan editor terlebih dahulu saya sudah buat layout-nya dan juga mengedit tulisan bisa dua sampai tiga kali jadi editor dan penerbit hanya sifatnya menyempurnakan mungkin saya 80% dan 20% mereka

3 Terima kasih yang ingin membeli buku saya silakan hubungi saya 

Pertanyaan 4

Apa yang harus dilakukan oleh penulis saat dia sedang berada dalam keadaan sakit agar dia tetap bisa menulis

Bagaimana cara mengatasi kurang percaya diri dalam menulis

Tiga mana cara mengatasi krisis ide dalam menulis

4 Bagaimana cara mengatasi keinginan yang kurang dalam menulis

Lima sikap pesimis dalam menulis

Siput bad mood dalam menulis

Jawaban 4

Satu ketiadaan sulit untuk mewujudkan mimpi niat yang kuat terkadang bisa mewujudkan Sesuatu yang mustahil

Jangan bandingkan diri kita dengan orang lain orang lain juga dahulunya sama dengan kita gaya menulis setiap orang berbeda-beda sekarang tulis aja apa yang kita bisa dan kuasai Mulailah dari yang sederhana untuk melatih membuat kalimat tentunya terus membaca karya orang lain

Banyak baca banyak lihat video dan lainnya

14 terkadang hinggap tatkala kita ingin melangkah menuju kesuksesan maka itu lawan dengan rajin menulis

Lima optimis itu kunci kesuksesan jika orang banyak bisa insya Allah kita pun pasti bisa

Pertanyaan 5

Satu memiliki niat dan kekuatan yang dahsyat sehingga Bapak dapat menulis dikala kondisi belum pulih benar

2 Apa yang Bapak pikirkan saat menulis sehingga sukses sampai saat ini

3 tema-tema Apa yang Bapak tulis saat ini

Jawaban 5

1 melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk orang banyak kebetulan yang saya bisa lakukan ketika sakit yang membaca dan menulis digawe

Tentunya dengan menulis yang positif dan yang membangun kepribadian hidup itu sangat bermanfaat

Saya tulis hampir 100 artikel temanya membangun kepribadian dari 100 artikel itu saya himpun jadi 2 buku menuju pribadi unggul dan kunci sukses hidup

Tidak ada yang saya pikirkan Saya hanya menulis dan menulis lalu terbitkan Saya menulis saja biarkan orang lain yang menilai

3 tema 1 perjalanan hidup pribadi dua kepribadian hidup kata novel budaya Betawi dan lain-lain

Pertanyaan 6

1 Bagaimana caranya supaya kita dengan mudah menjadi seorang penulis dengan penuh semangat

2 Bagaimana cara menulis yang baik sesuai dengan yang kita tulis

Jawaban 6

1. semua kembali kepada niat terus menulis yang kita bisa dan kuasai

2. semua yang kita tulis itu baik sepanjang tulisan kita mempunyai ruh bisa menggerakkan orang lain untuk berbuat.

Demikian resume pertemuan ke 22, semoga bermanfaat dunia akherat.

Salam Literasi 

Wonosobo, Juli 2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Festival Balon Udara Cappadocia Kearifan Lokal Wonosobo

RESUME PERTEMUAN KE 3 ( RAHASIA MUDAH MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU UNTUK BERPRESTASI)

KENANGAN MASA KECIL