RESUME PERTEMUAN KE 29

 RESUME PERTEMUAN KE 29 PELATIHAN MENULIS PGRI 


BLOG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN 

PERTEMUAN KE.          : 29

GELOMBANG.               : 26

HARI / TANGGAL.         : JUM'AT/ 22 JULI 2022

NARASUMBER.             : NANI KUSMIYATI, S.PD., M.M., CTMP.

MODERATOR.               : ROSMINIYATI 


Assamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Pertemuan menulis ke 29 akan segera dimulai. Pada pertemuan malam  hari ini, ada sebuah kejutan. Om Jay ternyata yang membuka acara. Ini menjadi penyulut semangat kami dalam belajar. Selanjutnya Ibu Rosminiyati yang melanjutkan menjadi moderator.

Acara pada malam hari ini dibagi menjadi 5 sesi :

1. PEMBUKAAN

2. PEMAPARAN MATERI

3. TANYA JAWAB

4. PENUTUP

JALANNYA ACARA :

1. PEMBUKAAN

Pembukaan dibuka dengan berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing. Dilanjutkan dengan mengenal lebih dekat narasumber malam ini yaitu Ibu Nani Kusmiyati, S.Pd.,M.M., CTMP.

Ibu Nani Kusmiyati adalah calon Doktor yang sering dipanggil dengan Ibu Mayor cantik. Beliau telah melahirkan 3 buah buku solo dan 31 buku antologi sejak tahun 2020 sampai sekarang. Pada malam hari Ibu Nani mau memaparkan tentang " Blog sebagai Sarana Pembelajaran". 

2. PEMAPARAN MATERI

Inilah penjelasan dari Ibu Nani: 

Ibu Nani mengambil topik ini untuk mengingatkan Bu nani pribadi dan bapak ibu, bahwa menulis di blog seperti kita menulis dibuku catatan kita. Berbeda namun memiliki manfaat yang sama yaitu mengabadikan buah pikiran kita sendiri maupun pelajaran yang kita dapatkan dari sumber lain. Sumber lain itu dapat berupa buku, digital book, pengalaman orang lain maupun ilmu yang kita dapatkan dari guru kita, ketika kita masih belajar di bangku sekolah maupun kuliah.

Saat ini blog bukanlah sesuatu yang baru karena hampir setiap orang mengenal tentang blog. Bahkan bertahun-tahun yang lalu para penulis juga kaum akademia menggunakan blog untuk mengekspresikan ide, pengalaman dan ilmu yang di dapatkannya.

Bagi Bu Nani blog sangat membantu mengingat kejadian-kejadian yang menarik perhatian, baik dimasa lampau atau saat ini. Masa lampau dengan dibantu dokumentasi berupa foto-foto akan mudah mengemasnya kembali menjadi sebuah cerita true story.

Sedangkan kejadian dimasa kini akan lebih mudah dituliskan di blog karena ingatan kita masih fresh untuk mengingatnya. Maka  disarankan jika bapak ibu melihat kejadian yang menarik perhatian, maka segera tulislah di blog. Ketika hendak menulis, tidak selalu menggunakan laptop atau komputer, namun HP dapat membantu kita untuk menuliskan poin-point singkat tentang kejadian atau pengalaman yang menarik untuk diceritakan.

Setelah memiliki waktu luang barulah kita dapat menuliskannya. Bagaimana jika kita benar-benar sibuk dan tidak ada waktu menuliskan poin-poin tersebut menjadi karya yang dapat dinikmati sendiri maupun orang lain? Dan bagaimana jika tiba-tiba tidak ada mood untuk menuliskannya? Saya yakin kondisi ini pernah dialami bapak dan ibu termasuk saya pribadi. Jika kendalanya sibuk sekali, saya akan berusaha untuk meluangkan waktu untuk menuliskannya walau hanya penjelasan satu poin saja. Kemudian dikesempatan berikutnya menulis 1 (satu) poin lagi.

Menulis tidak dapat kita lakukan ketika kita sedang mengendarai mobil dan kita berada di belakang kemudi. Akan berbeda jika menjadi penumpang maka akan lebih mudah menuliskannya di Hp selama perjalanan bekerja atau pulang. Draf tulisan pasti masih kasar, biarkan saja, yang terpenting poin-poin itu sudah ada deskripsinya. Ketika ada waktu barulah dibaca kembali untuk menyempurnakan tulisan tersebut.

Blog dapat menjadi sarana belajar, terutama belajar writing. Bagaimana menyusun kalimat yang benar dan menarik hingga menjadi paragraf per paragraf yang memiliki makna. Sebagai guru, blog dapat menjadi salah satu alternatif di dalam mengajar. Beberapa guru dapat menggunakan google form, whatsApp atau media lain namun jika media tersebut dapat saling melengkapi akan lebih bagus.

Blog dapat menjadi suatu pilihan sebagai media pembelajaran. Bagi guru blog bisa sebagai media pembelajaran bagi dirinya sendiri dengan menuliskan inovasi di dalam mengajar baik berupa teknik mengajar maupun materi ajaran. Walau sebenarnya dapat di simpan di flash disk atau laptop. Kekurangannya jika laptop atau flasdisk terkena virus maka akan sangat riskan hilangnya materi ajaran.

Blog adalah salah satu media aman untuk menyimpan materi pelajaran kita karena tidak akan terkena virus. Yang terpenting tidak lupa nama blog dan password-nya. Jika lupa password masih bisa dipulihkan melalui email atau no Hp kita. Karena blog bersifat umum atau dapat dibaca orang lain, sebaiknya kita pandai memilih materi mana yang boleh dibaca orang lain. Jika guru memiliki soal-soal dan dianggap masih bersifat konfidensial atau rahasia, sebaiknya jangan disimpan di blog.

Ketika mengajar, gunakan blog untuk mengirimkan tugas-tugas ke siswa dan meminta mereka menjawab di blog mereka dan mengirmkan linknya ke group. Bisa juga memberi tugas ke siswa lain untuk berkunjung ke blog teman-temannya minimal dua blog. Tetapi tidak dapat memaksa mereka untuk visit ke semua blog karena mereka juga mendapatkan banyak pekerjaan rumah dari guru berbeda.

Dalam bahasa Inggris, writing termasuk salah satu skill yang tersulit karena budaya menulis masih di dominasi kaum akademia atau pegiat literasi. Untuk siswa dengan level bahasa Inggris elementary, biasanya memberikan topik umum dan memberikan contoh cara mendeskripsikan topik tersebut.

Juga menyarankan menggunakan google translate untuk membantu mengerti isi dari reading. Kemudian menceritakan kembali dengan bahasa mereka sendiri. Bagi yang benar-benar level begginer, meminta mereka membuat kalimat dalam bahasa Indonesia dengan berpedoman SPOK (Subyek, Predikat, Obyek dan Kata keterangan), baru mereka terjemahkan dengan google translate untuk mengetahui bahasa Inggrisnya. Mereka belajar menganalisa tulisan mereka sendiri juga memperhatikan kalimat bahasa Indonesia dan bahasa Inggrisnya.

Bagaimana dengan siswa SD atau SMP? Mereka bisa memiliki blog namun dengan bantuan orang tua atau kakak-kakaknya yang mengerti blog dengan segala etika bersosial media. Jika perlu yang mengetahui passwordnya hanya orang tua atau kakak-kakaknya yang dapat diandalkan. Walau blog milik pribadi namun konten yang di tulis khusus untuk belajar atau menyampaikan pendapat yang tidak menyinggung siapapun.

Ibu Guru SD atau SMP yang pandai IT bisa membantu mereka dengan bertatap muka via daring atau bertemu langsung dengan para orang tua dan mengajarkannya cara membuat blog dengan etika bersosial media.

Guru bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dapat menggunakan blog untuk mengajarkan reading dan writing. Jika speaking dapat melalui zoom atau whatsApp call. Penggunaan blog sebagai sarana pembelajaran adalah salah satu alat untuk mengajar atau belajar. Silakan menggunakan media yang dianggap mudah untuk meningkatkan ilmu dengan berbagi kebaikan dengan murid-murid, sahabat atau orang lain.

Media yang sulit perlu dipelajari dan di takhlukkan jika memang media tersebut akan banyak memberikan manfaat. Jika dianggap tidak memiliki manfaat, sebaiknya ditinggalkan. Selamat mencoba dan have fun dengan blog.

Contoh Materi yang ditampilkan dalam blog. 

Describe your hobbies and interests

Dear all students,

Please watch the videos below then describe your hobbies and interests.

Video 1.




The Tasks:
1. Write down the hobbies and interests of the video.
    Examples
    Skateboarding. I enjoy skateboarding!
    Surfing. I like surfing! It makes me so happy.
2. Then translate those sentences into Indonesia.

Untuk memberikan semangat kepada para peserta menulis, beberapa karya buku Solo saya sbb. Semua berkat support dari OM Jay dan para senior narasumber di group menulis 

3. TANYA JAWAB

P1

Assalaamu'alaikum bu. Yandri Novita Sari

Izin bertanya untuk ibu nararasumber bu

1. Yandri sudah membaca CV ibu, dan prestasi ibu luar biasa. Apa yang melatarbelakangi ibu begitu mencinta menulis dan menjadikan blog sebagai sarana pembelajaran

2. Selama menulis kendala apa yang ibu temukan dan bagaimana ibu mengatasi nya?

3. Prestasi apa yang sangat berharga bagi ibu selama ibu menulis?

Waalaikumsalam, terima kasih atas pertanyaannnya

Jawaban 1

No.1 Blog dapat menjadi suatu pilihan sebagai media pembelajaran. Bagi guru blog bisa sebagai media pembelajaran bagi dirinya sendiri dengan menuliskan inovasi di dalam mengajar baik berupa teknik mengajar maupun materi ajaran. Walau sebenarnya dapat di simpan di flash disk atau laptop. Kekurangannya jika laptop atau flasdisk terkena virus maka akan sangat riskan hilangnya materi ajaran.

No.2 Mengalahkan rasa malas dan bosan. Cara mengatasinya istirahat sebentar minum kopi atau menonton TV,. atau mendengarkan musik, atau jalan-jalan, atau video call dengan keluarga

No. 3. Prestasi yang sangat berharga ketika saya bisa menghasilkan buku Solo. Ketiga buku diatas terbit pada tahun 2021,.Untuk tahun 2022,masih berupa konsep dan belum disusun. Saya ikut belajar dengan para pegiat Literasi lain mencoba tantangan Om Jay menulis setiap hari di blog 

P 2

Selamat malam Bunda Nani yang luar biasa. Materi pada malam hari ini sangat-sangat bermakna. Sepertinya semakin ke ujung materi yang disampaikan semakin bagus. Sehingga rasanya kami malas untuk closing ceremony. Tapi walau demikian mau Tidak mau itu harus terjadi. Supaya ada generasi berikutnya yang akan belajar menimba ilmu di sini. 

Saya bu Elmi dari Riau Bunda mau bertanya. Saya yakin Bunda sangat sibuk sekali. Jadi pertanyaan saya dalam kesibukan yang luar biasa ini dalam satu hari kira-kira berapa materi yang bisa Bunda tulis di blog.

Demikian Bunda mohon penjelasannya terima kasih.

Jawaban 2

Ibu Elmi terima kasih atas pujiannya 😁

Sebenarnya setiap hari saya hanya dapat menulis 1 artikel saja, biasanya jika saya belum  sempat membaca ulang tidak saya share di blog tapi jika saya rasa sudah tidak ada kesalahan saya baru share via blog.

Tapi jika sedang sakit saya break dulu tidak menulis.

Jika kondisi fit dan tidak sibuk bisa 2 artikel di rapel

P 3

Selamat malam bu Nani,  

Saya Sim Chung Wei,  Jakarta.  BM 26

1. Kumpulan tulisan yg pernah kita unggah di blog,  adakah syah di kumpulkan jadi buku? 

2. Apakah dengan menerbitkan tulisan2 kita di blog, nantinya akan membuat pembaca lbh memilih baca blog kita daripada buku kita? 

Terima kasih

Jawaban 3

Terima kasih Bpk Sim,. betul ya bapak.

1. Kumpulan yang pernah kita unggah di blog tentunya syah untuk dijadikan buku karena artikel itu kan karya sendiri.

2. Masih banyak pembaca yang menyukai  membaca dari buku daripada blog kita,. ada 2 tipe pembaca e- book  atau hard copy

Sesi tanya Jawab terjeda, karena belum ada pertanyaan masuk. Acara diisi dengan membaca puisi bahasa inggris.

When the rain falls hard

upon the road,

when the sun is warm and bright,

when the dew glints on grass

that is freshly moved,

whatever the day, the time, the mood,

I just think about how much I love you.


P 4

Assalamualaikum...

Saya Rusdawati dari Palangka Raya.

Selama pandemi, pembelajaran kita daring sehingga guru2 dituntut utk bisa menggunakan zoom meeting, gogle meet dan utk Madrasah kita menggunakan E-Learning Madrasah. Saya merasa sangat terbantu sekali dengan penggunaan aplikasi e-learning terutama utk share materi pembelajaran dan  tugas siswa.

Saya sangat tertarik dg penggunaan  blog untuk media pembelajaran,  sehingga ingin belajar  menggunakan blog.

Terkait penggunaan blog, saya termasuk pemula, baru buat blog ketika ikut pelatihan BM ini.

Materi malam ini menggugah saya untuk bisa belajar lagi pembuatan blog agar bisa untuk pembelajaran.

Terima kasih share materinya bu Nani... 

Jawaban 4

 Hanya pernyataan saja, 

Teknis pembuatan blog untuk pembelajaran banyak saya lihat di youtube. Nanti akan pelan2 belajar.

Waalaikumsalam, semangat yuk.. Kita semua pemula. No worries mba 

Ahlinya blog, Mas Brian, bisa tanya ke Mas Brian

Jika WordPress, Pak Bambang, atau Mr Bams

Karena tidak ada pertanyaan yang masuk lagi, Ibu Nani Closing :

"Terima kasih atas kehadiran bapak ibu pada malam hari ini,. selamat mencoba menulis bahan ajaran di blog,. mumpung masih belum terlalu malam bisa langsung buat resume."

"Mohon maaf jika ada perkataan yang kurang berkenan dihati,. kita sekarang menjadi satu keluarga, jangan sungkan untuk saling menyapa, dan jika ada saat memungkinkan kita bisa Kopdar dengan Om Jay."

"Wassalamuaikum wr wb,. Happy Weekend."


4.PENUTUP

Penutupan acara ditutup dengan bacaan / lafaz hamdalah.

Demikian resume pembelajaran pertemuan ke 29, terima kasih  Moderator Ibu Rosminiyati dan Ibu Nani selaku narasumber, semoga ilmunya bermanfaat, aamiin.

Salam Literasi

Wonosobo, Juli 2022



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Festival Balon Udara Cappadocia Kearifan Lokal Wonosobo

RESUME PERTEMUAN KE 3 ( RAHASIA MUDAH MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU UNTUK BERPRESTASI)

KENANGAN MASA KECIL