RESUME PERTEMUAN KE 11
RESUME PERTEMUAM KE 11 PELATIHAN MENULIS PGRI
MENGELOLA MAJALAH SEKOLAH
PERTEMUAM KE : 11
GELOMBANG : 26
HARI /T ANGGAL : KAMIS, 10 JUNI 2022
NARASUMBER : WIDYA SETYANINGSIH, S.Ag.
MODERATOR : MUTMAINAH
Pertemuan menulis kali ini bebarengan dengan pengolahan nilai rapor. Nilai rapor kali ini harus dikerjakan lebih cepat dari waktu yang seharusnya agar bisa ditanda tangani oleh Kepala Madrasah. Kepala Madrasah kami mau berangkat haji tanggal 29 Juni 2022 dan mulai cuti tanggal 20 Juni 2022.
Narasumber kali ini adalah Bunda Widya Setyaningsih, S.Ag. dengan ditemani oleh moderator yang memang benar benar imut, Bunda Mutmainah.
Bunda Widya aseli Malang, Jawa Timur. Beliau mengajar di MI Khadijah Malang, Jawa Timur. Pendidikan beliau di UIN Malang mengambil jurusan Fakultas Pendidikan Agama. Judul buku yang pernah ditulisnya adalah Buku Aseli Arema ( Arek Malang) Jawa Timur dan Buku Dongeng untuk Anakku.
Pada malam hari ini Bunda Widya mau memaparkan tentang "Mengelola Majalah Sekolah".
Seluk beluk ke majalah sekolah:
Majalah menurut KBBI adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik pandangan tentang topik aktual yang patut diketahui pembaca.
Majalah sekolah menurut waktunya dapat dibedakan atas majalah bulanan Tengah bulanan mingguan dan sebagainya.
Menurut isinya dibedakan atas majalah berita, anak-anak, wanita, remaja, olahraga, sastra, ilmu pengetahuan tertentu dan lain lain.
Majalah Kharisma merupakan salah satu majalah sekolah tingkat SD lahir sejak tahun 2007 kemudian tahun 2008 sempat vakum dan bangkit lagi tahun 2010 yang dimiliki oleh MI Khatijah Malang Jawa Timur yang dikelola langsung oleh Bunda Widya Setyaningsih.
Langkah-langkah menentukan menerbitkan majalah sekolah :
1. Menyatukan ide dan gagasan: mencari teman-teman yang memiliki jiwa literasi dan organisasi yang membantu susunan redaksi majalah
2. Mengajukan proposal, membuat proposal meliputi latar belakang, tujuan, susunan redaksi, anggaran dan sebagainya
3. Membuat rancangan majalah: menentukan nama majalah isi berita pendanaan dan lain-lain
4. Mencari rekanan pendukung seperti pencetak, sponsor dan lain-lain
Susunan redaksi majalah sekolah
1. Penasehat dari yayasan sekolah atau komite sekolah, tugasnya memberi segala pertimbangan terhadap segenap kru tentang majalah sekolah
2. Penanggung jawab yaitu kepala sekolah tugasnya bertanggung jawab atas keseluruhan jalannya penerbitan pers baik kedalam maupun keluar ia dapat melimpahkan tanggung jawab kepada pimpinan redaksi sepanjang menyangkut isi penerbitan atau redaksional
3. Pimpinan redaksi dari guru yang ditunjuk pimpinan redaksi atau editor in chief bertanggung jawab terhadap mekanisme dan aktivitas kerja keredaksian sehari-hari ia harus mengawasi isi seluruh rubrik media massa yang dipimpinnya
4. Editor tugasnya bertanggung jawab sunting tulisan proofreading dan mengedit semua tulisan
5. Reporter, Reporter merupakan prajurit prajurit di bagian redaksi. Mencari berita lalu membuat atau menyusunnya. Ini merupakan tugas pokoknya.
6. Fotografer tugasnya mengambil gambar peristiwa atau objek tertentu yang bernilai berita atau untuk melengkapi tulisan berita atau untuk melengkapi berita yang dibuat wartawan
7. Layout tugasnya mendesain majalah dan tata letaknya agar menjadi tampilan komunikatif dan menarik untuk disajikan
8. Bendahara tugasnya mengatur jalannya sirkulasi keuangan majalah sekolah
Manfaat majalah sekolah
1. Sebagai sarana komunikasi sekolah dengan wali murid dan siswa
2. Media komunikatif yang berisi berita - berita sekolah, informasi, pengetahuan dan hiburan
3. Wadah kreativitas guru dan siswa dalam berkarya menulis, menggambar dan lain lain
4. Sarana publikasi sekolah di masyarakat
5. Menjadi kebanggaan sekolah dan menambah nilai plus sekolah terutama saat akreditasi
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menerbitkan majalah :
1. Membuat nama majalah, Buatlah nama yang unik menarik dan mudah diingat
2. Menentukan artikel yang akan ditampilkan:
a. visi misi sekolah : visi misi sekolah masing-masing ditulis di halaman 2
b. salam redaksi: kata sapaan pimpinan redaksi pada pembaca menyampaikan isi majalah secara singkat, tema majalah dan kondisi teraktual saat itu.
3. Berita sekolah: Kegiatan -kegiatan sekolah misalnya peringatan PHBI dan PHBN, kegiatan sekolah dan lain-lain
4. Profil Guru: dimuat secara bergiliran mulai dari kasek, wakasek, guru dan staf pendidikan
5. Kegiatan siswa : kegiatan outing class atau in kelas misalnya outbound, praktek di kelas, unjuk kerja, game dan lain-lain
6. Kuis berhadiah: sesuaikan dengan dengan jenjang kelas misalnya untuk SD: stts, tebak gambar dan lain-lain,dan berhadiah
7. Prestasi sekolah : menampilkan prestasi terbaru dari guru siswa dan sekolah,
8. Info dan pengumuman: info ujian, libur dan lain-lain
Langkah selanjutnya:
1. Mengajukan ISSBN agar majalah kita memiliki hak paten maka mengajukan ISSBN sangatlah penting kita bisa menghubungi penerbit untuk menerbitkan menerbitkan ISSBN
2. Menentukan bahasa yang dipakai dalam majalah, sebelum menentukan bahasa yang akan kita pakai kita harus mengetahui sasaran pasar kita yaitu kita atau wali murid
Saran
- gunakan bahasa yang mudah dimengerti anak-anak
-tidak menggunakan bahasa terlalu formal atau kaku
Gunakan Bahasa keseharian dan pergaulan
- selipkan bahasa-bahasa gaul yang lagi ngetren asalkan harus sopan misalnya Hi guys Hi sobat dan lain-lain
- bahasa komunikatif sehingga seolah-olah kita sedang berbincang dengan pembaca
3. Carilah tema dari hal yang lagi booming atau ngetren di lingkungan sekolah dan masyarakat isu-isu keseharian yang sedang booming di lingkungan sekolah dan masyarakat bisa kita gunakan sebagai tema. contohnya:
-tetap berprestasi di masa pandemi
-semakin berilmu semakin berakhlak
-Let's Go Green
- Raih mimpi setinggi bintang.
-Hold your Star
-dan lain-lain
Demikian resume pertemuan ke 11, semoga bermanfaat.
Salam literasi
Wonosobo, Juni 2022
Komentar
Posting Komentar